Jumat, 14 Mei 2010

Fakultas Pertanian

Fakultas Pertanian (Faperta) didirikan pada tahun 1974. Faperta mempunyai visi sebagai pusat pengembangan dan pengajaran di bidang pertanian yang profesional serta mampu berkompetisi dan mempunyai wawasan global. Saat ini, Faperta di pimpin oleh Ir Alridiwirsah, MM serta mengasuh 4 (empat) program studi, yang terdiri dari :

1. Agronomi
Program Studi Agronomi yang diketuai oleh Ir. Asritanarni Munar, M.P. mempunyai visi sebagai pusat studi penyelenggaraan pendidikan pertanian yang menghasilkan sarjana muslim yang ahli, unggul, kreatif, profesional dalam bidang agronomi atau budidaya pertanian sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berwawasan global. Jumlah Mahasiswa Program Studi Agronomi tahun 2005 sebanyak 150 orang.

2.Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan

Program Studi Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan yang diketuai oleh Nursamsi, S.P., M.M mempunyai visi sebagai pusat studi penyelenggaraan pendidikan pertanian yang menghasilkan sarjana muslim yang ahli, unggul, profesional dalam mengelola hama dan penyakit tumbuhan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan melalui penemuan, penerapan, pengembangan, perbaikan dan penyebaran dalam bidang ilmu pengetahuan teknologi dan seni perlindungan tanaman berbasis sumber daya hayati untuk mendukung pertanian yang berkelanjutan. Sampai tahun 2005, jumlah Mahasiswa Program Studi Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan sebanyak 37 orang.

3. Sosial Ekonomi Pertanian / Agrobisnis

Program Studi Agrobisnis yang diketuai oleh Sasmita Siregar, S.P., M.Si. mempunyai visi sebagai pusat studi penyelenggaraan pendidikan pertanian yang menghasilkan sarjana muslim yang ahli, unggul, kreatif, profesional dengan integritas pribadi dan sosial yang tinggi serta memiliki daya analisis dan sintesis yang tinggi, melalui pemahaman dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mencari alternatif pemecahan masalah sosial ekonomi pertanian dalam pembangunan pertanian yang berkelanjutan. Pada tahun 2005, Program Studi Agrobisnis memiliki jumlah Mahasiswa sebanyak 157 orang.

4. Teknologi Hasil Pertanian

Program Studi Teknologi Industri Hasil Pertanian yang diketuai oleh Syakir Nairn Siregar, S.P, M.Si. mempunyai visi sebagai pusat studi penyelenggaraan pendidikan pertanian yang menghasilkan sarjana muslim yang ahli, unggu, kreatif, profesional sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang teknologi hasil pertanian. Mahasiswa Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, sampai tahun 2005 berjumlah 49 orang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar