Jumat, 14 Mei 2010

Mens Sana In Corpore Sano


Mens Sana in corpore Sano (pikiran sehat dalam tubuh yang sehat) adalah kutipan bahasa Latin yang terkenal, sering diterjemahkan sebagai "Sebuah pikiran yang sehat dalam tubuh yang sehat." Hal ini berasal dari Satir X dari penyair Romawi Juvenal (10,356). Dalam konteks, frase adalah bagian dari jawaban penulis terhadap pertanyaan tentang apa yang orang harus keinginan dalam hidup, jawaban yang terdiri dari daftar panjang hal-hal:

Hal ini akan berdoa agar pikiran menjadi sehat dalam tubuh yang sehat.
Mintalah jiwa pemberani yang tidak memiliki rasa takut akan kematian,
yang menempatkan hidup panjang terakhir antara berkat alam,
yang mampu menanggung penderitaan jenis apa pun,
tidak tahu amarah, nafsu untuk apa-apa dan percaya
penderitaan dan buruh liar Hercules lebih baik daripada
itu kepuasan, pesta, dan tempat tidur bulu dari raja Timur.
Aku akan mengungkapkan apa yang Anda mampu memberikan diri Anda sendiri;
Untuk tertentu, salah satu jalan setapak hidup tenang kebohongan melalui kebajikan.


Satir konotasi dari kalimat, yang akan menyenangkan untuk juga memiliki pikiran yang sehat dalam tubuh yang sehat, adalah sebuah interpretasi yang lebih baru dari apa yang mungkin Juvenal dimaksudkan untuk mengekspresikan. komentator tradisional lainnya percaya bahwa niat Juvenal adalah untuk mengingatkan para warga sesama Romawi yang mengucapkan doa-doa bodoh bahwa semua yang harus didoakan adalah kesehatan fisik dan mental. Seiring waktu dan dipisahkan dari konteksnya, frase telah tiba untuk memiliki berbagai makna. Hal ini dapat ditafsirkan berarti bahwa hanya tubuh yang sehat dapat menghasilkan atau mempertahankan pikiran sehat. Penggunaannya yang paling umum adalah untuk mengekspresikan konsep keseimbangan yang sehat dalam modus seseorang hidup.

Ungkapan ini diramalkan oleh (jika bukan merupakan parafrase aktual dari) sebuah perkataan Thales, "nous en igeiis somati igii".

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar