Sabtu, 15 Mei 2010

Pendidikan Islam Alkhairaat

Lembaga Pendidikan Islam Alkhairaat didirikan pada tahun 1930 di Palu, Sulawesi Tengah oleh (almarhum) Guru Besar Al'alimul Allamah H.S. Idrus bin Salim Aldjuffri. Dan sepeninggal pendirinya, kepemimpinan dilanjutkan oleh putranya al Habib Muhammad bin Idrus Aldjuffri dan setelah beliau wafat, diteruskan oleh cucunya Al Ustadz H.S. Saggaf bin Muhammad bin Idrus Aldjuffri.

sebagai Lembaga Pendidikan Islam yang berusaha untuk membentuk insan-insan yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, lembaga ini memikul beban tanggung jawab moral dan ide terhadap kehidupan dan perkembangan pendidikan Islam, demi kepentingan dan peningkatan kualitas umat.

Penciptaan manusia yang berkualitas akan melahirkan umat yang mampu menciptakan hubungan yang selaras antara manusia dengan sesamanya, manusia dengan lingkungannya dan manusia dengan Khaliqnya.

Pendiri Alkhairaat menempatkan peranan dan program pendidikan pada urutan prioritas yang dianggap mampu memberikan nilai tambah terhadap peningkatan kualitas umat. Dan hal ini telah mejadikomitmen "abnaul Khairaat" (penerus) untuk melanjutkan amanah pendirinya.

Sesuai pula dengan cita-cita awal berdirinya, bahwa lembaga ini tidak hanya bergulat dibidang pendidikan secara khusus, namun telah berupaya memberikan dan sekaligus menanamkan misi keislaman yang hakiki melalui jalur dakwah serta usaha-usaha sosial lainnya, seperti pembinaan muallaf, suku terasing, dan lain-lain.

Hingga saat ini yayasan Alkhairaat telah mempunya 1.561 Madrasah/Sekolah dan 35 Pondok Pesantren Kesemuanya ini telah berhasil dibina oleh lembaga ini yang tersebar di 8 provinsi di Kawasan Timur Indonesia dan 2 Provinsi Indonesia Barat. Walaupun pada kenyataannya, lembaga ini dikelola secara swadaya dan swakelola, namun kehadirannya sudah merupakan asset bangsa khususnya bagi Kawasan Timur Indonesia. Lembaga terbesar merupakan sumber daya pendidikan yang sekaligus sebagai narasumber pembinaan ummat.

Data Pendidikan Islam Alkhairaat
- Sulawesi Tengah : 1.109 Madrasah/Sekolah
- Sulawesi Utara : 195 Madrasah/Sekolah
- Sulawesi Selatan : 26 Madrasah/Sekolah
- Sulawesi Tenggara : 3 Madrasah/Sekolah
- Sulawesi Timur : 53 Madrasah/Sekolah
- Maluku : 162 Madrasah/Sekolah
- Irian Jaya : 12 Madrasah/Sekolah
- Kalimantan Selatan : 1 Madrasah/Sekolah

Data Pondok Pesantren Alkhairaat
- Sulawesi Tengah : 16 Pondok Pesantren
- Sulawesi Utara : 3 Pondok Pesantren
- Gorontalo : 6 Pondok Pesantren
- Sulawesi Tenggara : 1 Pondok Pesantren
- Sulawesi Selatan : 1 Pondok Pesantren
- Maluku : 5 Pondok Pesantren
- Kalimantan Selatan : 1 Pondok Pesantren
- Kalimantan timur : 2 Pondok Pesantren


Pendidikan Tinggi

Senin 27 April 1964 Gubernur Kepala Daerah Sulawesi Tengah Anwar dengan gelar Datu Majo Basa Nan Kuning meresmikan Universitas Alkhairaat dan sekaligus melantik "Sayed Idrus bin Salim Aldjufri" sebagai Rektornya. universitas ini membuka tiga fakultas yakni :

1. Fakultas Syariah

2. Fakultas Tarbiyah

3. Fakultas Adab

hingga saat ini Universitas Alkhairaat telah memiliki 5 Fakultas yaitu :

1. Fakultas Agama, dengan Program Studi sebagai berikut :

- Al-Ahwal Al-Syakhsyiyah

- Pendidikan Agama Islam

- Jenjang D-2 dengan program PGSD dan PGTK.


2. Fakultas Pertanian dengan Program Studi :

- Agronomi

- Teknologi Hasil Pertanian


3. Fakultas Perikanan dengan Program Studi : br>- Sosial Ekonomi Perikanan

- Budidaya Perairaan.


4. Fakultas Ekonomi dengan Program Studi :

- Manajemen Perusahaan

- Akuntansi


5. Fakultas Sastra dengan Program Studi :

- Bahasa

- Sastra Indonesia.

Sedangkan FKIP Surat Izin Penyelenggaraan dari Dirjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional telah keluar sejak tanggal 27 Desember 2006, dengan nomor : 4941/D/T/2006 Sedangkan pembukaan Fakultas Kedokteran Universitas Alkhairaat Palu dalam proses/persiapan.
TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM ALKHAIRAAT

Pendidikan Islam Alkhairaat bertujuan membentuk insan muslim Indonesia yang cerdas, arif, bijaksana dan bertanggung jawab terhadap pembangunan agama, bangsa dan negara. Alhasil, keberadaannya diharapkan dapat menunjang guna terwujudnya masyarakat adil dan makmur yang diridhoi Allah SWT.


USAHA PENDIDIKAN ISLAM ALKHAIRAAT

1. Mengembangkan taman-taman pendidikan dan kebudayaan yang bernafaskan Islam dari tingkat taman kanak-kanak sampai ke tingkat perguruan tinggi guna membebaskan umat Islam Indonesia dari kebodohan dan keterbelakangan.
2. M

embentuk, membina dan mengembangkan kader-kader Da'i untuk menyebarluaskan da'wah Islamiyah guna memperluas dan memperdalam pengertian, penghayatan, dan pengamalan ajaran-ajaran Silam untuk membangun Manusia Indonesia seutuhnya.
3.

Membentuk, membina dan mengembangkan usaha-usaha sosial, menggalang umat atas dasar Ukhuwah Islamiyah dan Ukhuwah Insaniyah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar